Daftar SMAN di Bandarlampung dengan Tingkat Persaingan Jalur Tahfidz Paling 'Sengit' pada PPDB 2024/2025

- 25 Juni 2024, 15:05 WIB
SMAN 2 Bandar Lampung, salah satu sekolah yang sangat diminati pada PPDB setiap tahunnya. Perlu hafalan berapa juz untuk bisa mendaftar dan berpeluang diterima melalui jalur tahfidz ke sekolah ini?
SMAN 2 Bandar Lampung, salah satu sekolah yang sangat diminati pada PPDB setiap tahunnya. Perlu hafalan berapa juz untuk bisa mendaftar dan berpeluang diterima melalui jalur tahfidz ke sekolah ini? /sekolah.data.kemdikbud.go.id

SEPUTARLAMPUNG.COM - Pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMA Lampung 2024 resmi berakhir kemarin, Senin, 24 Juni 2024.

Berdasarkan update sementara hingga siang ini Selasa, 25 Juni 2024 pukul 13.48, terlihat ada ada sekolah dengan persaingan yang cukup sengit di jalur tahfidz atau hafalan Al Quran.

Sebagaimana diketahui, jalur tahfidz adalah salah satu jalur yang bisa dipilih oleh calon siswa yang akan mendaftar melalui jalur prestasi.

Selain tahfidz, ada kategori lain yang masuk dalam jalur prestasi ini, yakni prestasi lomba riset dan inovasi (sains, teknologi), prestasi lomba seni budaya dan kepramukaan, dan prestasi lomba olahraga.

Kuota yang tersedia adalah 12 persen (termasuk jalur tahfidz) sehingga kuota untuk masing-masing kategori prestasi non akademik adalah 3 persen.

Baca Juga: Filosofi dan Makna Logo HUT RI ke 79 Tahun 2024, Ini Link Download dengan Ukuran PNG JPG PDF AI EPS

Adapun kuota untuk prestasi hasil belajar atau berdasarkan nilai akademik adalah sebesar 18 persen.

Jalur tahfidz bisa menjadi pilihan bagi siswa yang ingin masuk ke sekolah tujuannya melalui jalur prestasi. Biasanya, jalur tahfidz ini menjadi pilihan bagi siswa yang memiliki hafalan Al Quran cukup baik dan mungkin tidak memenuhi syarat untuk ikut jalur zonasi maupun jalur yang lainnya.

Sama halnya dengan jalur lainnya, di jalur tahfidz pun nampaknya para siswa harus bersaing cukup ketat karena kuota yang tersedia cukup sedikit, yakni rata-rata hanya sekitar 9 siswa jika kuota sekolah adalah 320 orang.

Halaman:

Editor: Ririn Handayani


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah