Kunci Jawaban Informatika Kelas 8 SMP Halaman 192 193 Ayo Berpikir Sejenak Kurikulum Merdeka Belajar

- 11 Februari 2024, 10:15 WIB
Ilustrasi. Kunci jawaban Informatika kelas 8 SMP Kurikulum Merdeka Belajar.
Ilustrasi. Kunci jawaban Informatika kelas 8 SMP Kurikulum Merdeka Belajar. /StartupStockPhotos/Pixabay

SEPUTARLAMPUNG.COM – Berikut ini kunci jawaban Informatika kelas 8 SMP halaman 192 193 Kurikulum Merdeka Belajar.

Pembahasan soal dan jawaban di bawah ini diharapkan dapat membantu orangtua dalam mendampingi putra-putrinya belajar di rumah.

Pada halaman 192 193 mata pelajaran Informatika kelas 8 SMP, siswa akan belajar BAB 7 “Algoritma Pemrograman”.

Baca Juga: Kesimpulan Kisah Serigala yang Beriman kepada Rasulullah: Kunci Jawaban PAI Kelas 8 Hal 183 Kurikulum Merdeka

Siswa diminta untuk mengerjakan tugas Ayo Berpikir Sejenak yang ada pada halaman 192 193.

Berikut ini jawaban Informatika kelas 8 SMP halaman 192 193 Kurikulum Merdeka Belajar:

Ayo, Berpikir Sejenak

Kalau tidak hanya asal bermain saja, dengan bermain Maze, kalian sudah belajar membuat program sederhana. Pada permainan ini, kalian juga mengenal blok percabangan, yaitu [if..else..] dan juga blok perulangan, yaitu [repeat until]. Kalian akan belajar mengenai percabangan dan perulangan lebih dalam pada bagian materi berikutnya.

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut pada jurnal kalian!

Baca Juga: Kunci Jawaban Pendidikan Pancasila Kelas 8 SMP Halaman 128 129 Soal Esai Kurikulum Merdeka

1. Kalian sudah mempelajari [if..else..] dalam bahasa Scratch. Adakah bedanya? Jelaskan!

Jawaban:

Blok [if.. else..] yang tersedia di Blockly Games dan Scratch memiliki fungsi dan cara penggunaan yang mirip. Perbedaannya adalah, pada BlocklyGames kondisi di dalam if terbatas pada menu di drop down yang sudah disediakan

2. Kalian sudah mempelajari juga [repeat until] dalam bahasa Scratch. Adakah bedanya? Jelaskan!

Jawaban:

Blok [repeat until] pada Blockly Games dan Scratch juga memiliki fungsi dan cara yang penggunaan yang mirip. Perbedaannya adalah, pada Blockly Games kondisi yang menghentikan perulangannya sudah ditentukan, sedangkan pada Scratch, pengguna dapat menentukan kondisi yang menyebabkan perulangan berhenti.

Baca Juga: Kunci Jawaban IPA Kelas 8 SMP Halaman 182 Gerakan pada Lempeng Bumi Kurikulum Merdeka Belajar

3. Selain [if..else..] dan [repeat until], dapatkah kalian menemukan kesamaan blok pada Blockly dan Scratch? Sebutkan blok-blok yang memiliki fungsi yang setara antara blok pada Scratch dan Blokly dari permainan Maze!

Jawaban:

Berikut adalah beberapa blok yang memiliki fungsi setara antara Blockly dan Scratch dari permainan Maze yaitu:

- Maju (Move Forward)

- Berputar ke Kanan (Turn Right)

- Berputar ke Kiri (Turn Left)

- Jika Ada Tembok (If Wall Ahead)

*) Disclaimer:

1. Pembahasan di atas hanya sebagai referensi belajar.

2. Soal di atas merupakan pertanyaan terbuka. Artinya ada beberapa jawaban tidak terpaku di atas.

3. Artikel ini tidak mutlak menjamin kebenaran jawaban. Siswa dapat mengembangkan jawaban yang lebih baik.***

Editor: Ririn Handayani


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x