Bansos PKH Tahap 2 2024 Cair Kapan ke KPM? Ini Jadwal Lengkap, Pastikan Nama Anda Muncul di Sini

- 14 April 2024, 19:11 WIB
Kapan dana bansos PKH tahap 2 2024 cair ke KPM? Simak jadwal resmi Kemensos berikut ini dan pastikan nama Anda muncul di sini sebagai penerimanya.
Kapan dana bansos PKH tahap 2 2024 cair ke KPM? Simak jadwal resmi Kemensos berikut ini dan pastikan nama Anda muncul di sini sebagai penerimanya. /Rika Widiastuti/Seputarlampung.com

SEPUTARLAMPUNG.COM – Kapankah bantuan sosial (bansos) PKH tahap 2 2024 cair ke keluarga penerima manfaat (KPM)? Simak jadwal lengkap berikut ini dan pastikan bahwa nama Anda muncul di sini sebagai penerima.

Pencairan bansos PKH tahap 2 2024 telah dinantikan sejumlah KPM yang masuk dalam kriteria penerima bantuan dari Kementerian Sosial (Kemensos).

Sebagai pengingat, kriteria KPM bansos PKH tahap 2 2024 adalah keluarga miskin yang masuk dalam komponen penerima Program Keluarga Harapan, yakni Ibu Hamil, Balita (0-6 tahun), Lansia, Penyandang disabilitas, dan Siswa SD-SMA/ sederajat.

Untuk pencairan, sebagaimana yang telah dilakukan Kemensos di periode tahun sebelumnya, dana bansos PKH cair secara bertahap sebanyak 4 kali dalam setahun.

Baca Juga: Kartu Prakerja Gelombang 66 Segera Dibuka, Tanggal Berapa? Catat Syarat dan Cara Daftar yang Benar Berikut Ini

Berikut jadwal resmi pencairan dana bansos PKH 2024:

  1. Pencairan PKH tahap 1 mulai dilakukan pada Januari, Febuari, dan Maret.
  2. Pencairan PKH tahap 2 mulai dilakukan pada April, Mei, dan Juni.
  3. Pencairan PKH tahap 3 dilakukan pada Juli, Agustus, dan September.
  4. Pencairan PKH tahap 4 dilakukan pada Oktober, November, dan Desember.

Perlu diketahui, tidak semua warga masyarakat miskin bisa mendapatkan dana bansos PKH 2024, karena hanya NIK KTP yang terdaftar pada basis Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kemensos saja yang bisa jadi penerima.

Selain itu, penerima juga harus lolos semua persyaratan yang ditetapkan Kemensos. Berikut  syarat wajib untuk jadi penerima bansos PKH:

- Wajib Warga Negara Indonesia (WNI)

Halaman:

Editor: Ririn Handayani

Sumber: Kemensos


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah