Mengenal Dipterokarpa, Pohon di Pulau Kalimantan yang Disebut Peneliti Dunia Telah Berusia Empat Juta Tahun

- 4 Mei 2022, 19:00 WIB
Pohon tertua di Kalimantan.
Pohon tertua di Kalimantan. /Penn State University/

SEPUTARLAMPUNG.COM - Pulau Kalimantan kembali menjadi perbincangan hangat dunia. Kali ini terkait dengan 'temuan' langka yang berhasil ditemukan oleh peneliti.

Pulau Kalimantan yang juga disebut dengan Borneo ini selama ini juga dikenal sebagai salah satu paru-paru dunia.

Kali ini, Pulau Kalimantan menjadi sorotan para peneliti dunia karena temuan salah satu pohon tertua di dunia yang diduga telah berusia empat juta tahun.

Menurut kelompok peneliti dari Penn State University, Pulau Kalimantan memiliki kelompok pohon tertua, yang setidaknya berada sejak empat juta tahun lalu.

Baca Juga: Bagaimana Ciri-Ciri Benda Berbentuk Tiga Dimensi? Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 4 SD Halaman 134 135 139

Memiliki nama dipterokarpa, kelompok pohon dominan di Kalimantan ini diketahui setelah tim peneliti mempelajari fosil daun pohon yang mirip dengan periode Epoch Pliosen.

"Ini adalah demonstrasi pertama bahwa bentuk kehidupan dominan yang khas di Kalimantan dan seluruh daerah tropis basah Asia, pohon dipterokarpa, tidak hanya hadir tetapi sebenarnya dominan," kata Peter Wilf, seorang peneliti dan profesor geosains di Penn State College Earth and Mineral Sciences.

"Kami menemukan lebih banyak fosil dipterokarpa daripada kelompok tumbuhan lainnya," ujarnya menambahkan.

Dikutip Pikiran-Rakyat.com dari ndtv, tim peneliti mencatat bahwa Kalimantan telah menjadi rumah bagi hampir 270 spesies dipterokarpa.

Halaman:

Editor: Ririn Handayani