SEPUTARLAMPUNG.COM – Berikut ini kunci jawaban Informatika kelas 7 SMP halaman 205 206 Kurikulum Merdeka Belajar.
Pembahasan soal dan jawaban di bawah ini diharapkan dapat membantu orangtua dalam mendampingi putra-putrinya belajar di rumah.
Pada buku Informatika Kelas 7 Kurikulum Merdeka halaman 205 memuat Aktivitas AP-K7-04: Bermain dengan Suara dan Lebih Natural.
Baca Juga: Persaingan Ketat Strategi Bisnis E-Commerce, Siapa yang Jadi Andalan Penjual dan Pembeli?
Ada beberapa perintah yang mesti diselesaikan oleh siswa, di antaranya Apa yang terjadi apabila blok play sound ditempatkan sebelum blok forever?
Kemudian muncul juga perintah Selain menggunakan blok play sound, untuk menggunakan suara, dapat menggunakan blok start sound. Kira-kira apa bedanya?
Total ada 6 perintah dalam tabel yang harus diselesaikan siswa.
Pembahasan materi dalam artikel ini diulas oleh Aulia Rachma Dinantika, S.Pd. Alumnus Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Lampung.
Berikut ini jawaban Informatika kelas 7 SMP halaman 205 206 Kurikulum Merdeka Belajar:
Aktivitas AP-K7-04: Bermain dengan Suara dan Lebih Natural
Dalam pemrograman visual, penggunaan suara sangatlah penting. Hal ini dapat membuat hasil visualisasi sebuah karya menjadi lebih hidup.
Jawaban:
1. Apa yang terjadi apabila kode program diubah menjadi seperti ini?
Jawaban:
Yang terjadi sesuai kode adalah ketika tombol space ditekan, sprite akan mengeluarkan suara “meow” setiap bergerak, lalu maju perlahan secara terusmenerus dan ketika mencapai ujung, sprite akan kembali ke titik awal, dan begitu seterusnya.
2. Apa yang terjadi apabila blok play sound ditempatkan sebelum blok forever?
Jawaban:
Yang terjadi ketika “play sound” ditempatkan sebelum control “forever” adalah suara “meow” hanya terdengar 1x dan sprite bergerak maju dengan cepat dan ketika mencapai ujung, akan kembali ke titik awal, dan begitu seterusnya.
3. Selain menggunakan blok play sound, untuk menggunakan suara, dapat menggunakan blok start sound. Kira-kira apa bedanya?
Jawaban:
Beda play sound dan start sound adalah play sound akan menyelesaikan dulu suaranya sampai selesai baru kode lain dijalankan. Start sound akan dijalankan tanpa menunggu suara selesai. Efeknya untuk contoh kode yang pertama ialah ketika menggunakan start sound, suara “meow” akan terdengar tumpang tindih.
4. Kalau diperhatikan, sprite kucing bergerak cepat (ini karena blok move hanya 10 langkah). Bagaimana caranya agar sprite kucing tetap bergerak setiap 10 langkah, tetapi lebih perlahan jalannya? *clue: gunakan blok control wait dan carilah berapa waktu yang paling baik untuk membuat sprite kucing seperti berjalan normal.
Jawaban: Cara agar sprite kucing bergerak lebih perlahan adalah: menambahkan wait.
5. Apabila waktu wait makin besar, apa yang terjadi?
Jawaban: Jika nilai wait makin besar, sprite akan bergerak semakin lambat.
6. Jika diperhatikan, sprite kucing tersebut bergerak kaku.Setiap sprite default dari Scratch memiliki costumes atau bentuk yang lain disediakan. Kalian dapat memanfaatkan costumes ini agar sprite kucing bergerak dengan lebih natural. Bagaimana caranya?
Jawaban:
Cara untuk memanfaatkan costumes:
*) Disclaimer:
1. Pembahasan di atas hanya sebagai referensi belajar.
2. Soal di atas merupakan pertanyaan terbuka. Artinya ada beberapa jawaban tidak terpaku di atas.
3. Artikel ini tidak mutlak menjamin kebenaran jawaban. Siswa dapat mengembangkan jawaban yang lebih baik.***