60.000 Malaikat Hadir Beristigfar Saat Khatam Al-Quran, Berikut ini Tata Cara, Doa, dan Keutamaan Khatam Quran

- 4 November 2021, 19:02 WIB
Ilustrasi  Al Quran.
Ilustrasi Al Quran. /Pexels.com/Abdulmeilk Aldawsari

SEPUTARLAMPUNG.COM - Membaca Al-Quran adalah salah satu amalan yang sangat baik dilakukan. Tak hanya bisa lebih mengenal Allah lewat kalam-kalamnya, tetapi Al-Quran juga bisa jadi sahabat sejati sepanjang masa, hingga tibanya hari perhitungan amal kelak.

Al-Quran memang punya segudang keistimewaan. Tak heran banyak muslim beriman yang berlomba-lomba untuk bisa terus membaca hingga mengkhatamkan Al-Quran berkali-kali.

Khatam Al-Quran berarti telah selesai membaca seluruh isi dari Al-Quran, yang terdiri dari 114 surah, 30 juz, dan 6236 ayat.

Baca Juga: KJP Plus Tahap 2 Rp10 Juta Cair 6 Kali pada November 2021? Cuma Diberikan ke Siswa yang Penuhi 3 Kategori Ini

Saat seseorang telah khatam Al-Quran, maka hendaknya membaca doa khatam yang telah diajarkan. Berikut tata cara dan doa yang dibaca setelah khatam Al-Quran.

Tata cara khatam Al-Qur'an

- Pada saat khatam Quran, dianjurkan untuk menyelesaikan Al-Quran pada waktu awal pagi atau awal malam dann usahakan ada orang yang bisa menjadi saksi saat mengkhatamkan Al-Quran

- Membaca surah Ad-Dhuha hingga surah An-Nas, seteenganlah itu membaca surah Al-Fatihah dan 5 ayat pertama surah Al-Baqarah sebagai pembuka doa khatam Al-Quran

- Setiap jeda antar surah diselingi dengan bacaan Laa Ilaha Ilallallahu wallahu Akbar (tiada Tuhan yang layak disembah melainkan Allah dan Allah Maha Besar)

Halaman:

Editor: Dzikri Abdi Setia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah