Sudah 5 Tahun Jadi Penerima Bansos? Siap-siap, Bantuan Sosial akan Dihentikan Kemensos karena Hal ini

- 6 Juni 2024, 18:44 WIB
Siap-siap Kemensos akan lakukan hal ini pada KPM yang sudah 5 tahun lebih jadi penerima bansos
Siap-siap Kemensos akan lakukan hal ini pada KPM yang sudah 5 tahun lebih jadi penerima bansos /Instagram/@dinsosdkijakarta

SEPUTARLAMPUNG.COM - Kementerian Sosial (Kemensos) akan segera melakukan pengecekan ulang pada keluarga penerima manfaat atau KPM yang telah menjadi penerima bansos selama 5 tahun lebih.

Sebagaimana diketahui, dalam beberapa tahun terakhir ada sejumlah bantuan sosial yang sifatnya reguler di mana diberikan pemerintah sepanjang tahun dan bisa saja ada KPM yang menerimanya secara terus menerus.

Agar bantuan benar-benar tepat sasaran maka Kemensos memberikan instruksi agar dilakukan resertifikasi untuk mengkaji ulang apakah KPM masih layak menerima bantuan ataukah tidak.

Salah satu KPM yang akan resertifikasi atau pengecekan ulang adalah KPM penerima bansos PKH dan BPNT, di mana 2 bansos ini merupakan bansos yang telah terselenggara sejak beberapa tahun lalu.

Baca Juga: Lowongan Tenaga Pendamping Koperasi Modern 2024 dari Kemenkop UKM, Gaji Rp8 Juta per Bulan, Ini Syaratnya

Dikutip dari laman dinsospppa.banjarnegarakab.go.id, Kementerian Sosial melalui Pusat Data Informasi (Pusdatin) Kemesos memberikan tugas kepada Pendamping Sosial PKH dalam rangka kegiatan resertifikasi penerima PKH.

Hal ini juga semakin diperkuat oleh keterangan dari pendamping sosial di lapangan.

“Para KPM nantinya akan didatangi langsung baik oleh pihak Kemensos atau Dinas Sosial untuk diajukan beberapa pertanyaan terkait bansos,” ungkap seorang pendamping sosial di kanal YouTube Diary Bansos.

Sejumlah pertanyaan yang akan diajukan antara lain mengenai pekerjaan, penghasilan, dan tanggungan biaya yang harus dikeluarkan keluarga tersebut.

Halaman:

Editor: Ririn Handayani


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah