KPK Sebut Ada Temuan Keterlibatan Pejabat Pajak Lain dalam Kasus Dugaan Pencucian Uang Rafael Alun

- 8 Maret 2023, 07:00 WIB
KPK ungkap ada temuan keterlibatan pejabat pajak lain dalam kasus dugaan korupsi Rafael Alun Trisambodo/ANTARA FOTO/Aprillio Akbar
KPK ungkap ada temuan keterlibatan pejabat pajak lain dalam kasus dugaan korupsi Rafael Alun Trisambodo/ANTARA FOTO/Aprillio Akbar /

SEPUTARLAMPUNG.COM - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyebutkan adanya temuan keterlibatan pejabat pajak lain dalam kasus dugaan tindak pidana pencucian uang (TPPU) terkait harta kekayaan yang dimiliki oleh Rafael Alun Trisambodo.

Seperti diketahui, harta kekayaan yang tercatat ada sebanyak Rp56 miliar di Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) Rafael Alun Trisambodo menjadi sorotan publik pasca sang putra menjadi tersangka penganiayaan David, anak dari Pengurus Pusat Gerakan Pemuda (GP) Anshor, Jonathan Latumahina pada Senin, 20 Februari 2023.

Buntutnya, Rafael Alun Trisambodo dicopot dari jabatannya sebagai Kepala Bagian Umum Direktorat Jenderal Pajak Kantor Wilayah Jakarta Selatan II pada Jumat, 24 Februari 2023.

Baca Juga: Profil Universitas Mulawarman, Kampus Nomor 1 di Samarinda yang Raih Ranking Dunia, Cek Prodi yang Tersedia!

Pencopotan Rafael Alun dilakukan untuk mempermudah proses investigasi terkait sumber harta kekayaan yang dimilikinya.

Rafael Alun sendiri sudah dipanggil oleh KPK untuk klarifikasi terkait sumber harta kekayaan yang dimilikinya pada 1 Maret 2023.

Saat itu, Deputi Pencegahan dan Monitoring KPK, Pahala Nainggolan mengatakan ditemukan sejumlah fakta terkait kekayaan Rafael Alun, salah satunya tentang kepemilikan saham di 6 perusahaan yang tidak didetil dalam LHKPN miliknya.

Setelah diusut, kini KPK mulai menyidik temuan harta milik Rafael Alun. Hal itu karena harta milik eks pejabat pajak Eselon 3 ini dinilai tidak sesuai dengan profilnya selaku Aparatur Sipil Negara (ASN).

Halaman:

Editor: Nur Faizah Al Bahriyatul Baqir

Sumber: PMJ News ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah