H-6 Ramadhan 2023, Qadha atau Bayar Hutang Puasa Bisa Digabung Puasa Senin Kamis? Ini Kata Ustadz Abdul Somad

- 17 Maret 2023, 12:05 WIB
Penjelasan Ustadz Abdul Somad soal boleh atau tidak qadha puasa atau bayar hutang puasa digabung sekaligus dengan puasa Senin Kamis.
Penjelasan Ustadz Abdul Somad soal boleh atau tidak qadha puasa atau bayar hutang puasa digabung sekaligus dengan puasa Senin Kamis. /Pixabay/chiplanay

SEPUTARLAMPUNG.COM - Ramadhan 2023 kurang 6 hari lagi dari sekarang. Sudahkan Anda qadha puasa atau bayar hutang puasa? Bisakah hutang puasa wajib itu dibayar sekaligus saat melaksanakan puasa Senin Kamis? Simak pejelasan Ustadz Abdul Somad berikut ini.

Bayar hutang puasa atau qadha puasa dilaksanakan sebagai ganti puasa yang ditinggalkan pada bulan Ramadhan.

Mengingat sebentar lagi Ramadhan 2023, maka bagi yang punya hutang puasa wajib qadha puasa tersebut. Hal ini sesuai dengan firman Allah SWT dalam Surah Al Baqarah ayat 184 yang artinya:

“Maka barangsiapa diantara kamu ada yang sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa) sebanyak hari yang ditinggalkan itu pada hari-hari yang lain. Dan wajib bagi orang-orang yang berat menjalankannya (berpuasa) membayar fidyah, yaitu memberi makan seorang miskin.”

Baca Juga: Khutbah Jumat Singkat dan Terbaru Hari Ini 17 Maret 2023, Tema Cara Menyambut Datangnya Bulan Suci Ramadhan

Lantas, bisakah qadha puasa atau bayar hutang puasa Ramadhan sekaligus mengerjakan puasa sunnah Senin Kamis?

Dilansir Seputarlampung.com melalui video dari kanal YouTube Kun Ma Alloh yang diunggah pada 21 Agustus 2017 lalu, begini penjelasan dari Ustadz Abdul Somad.

"Jika kita puasa wajib di luar Ramadhan pada hari Senin atau Kamis, bolehkah kita niat ganda?" ucap Ustadz Abdul Somad membacakan pertanyaan seorang jamaah dalam kajiannya.

Halaman:

Editor: Ririn Handayani

Sumber: YouTube Kun Ma Alloh


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah