23 Juni Diperingati sebagai Hari Janda Internasional atau International Widow's Day, Ini Sejarah dan Tujuannya

- 23 Juni 2022, 05:37 WIB
Tanggal 23 Juni Hari Peringatan Janda Internasional./mohamed_hassan/Pixabay
Tanggal 23 Juni Hari Peringatan Janda Internasional./mohamed_hassan/Pixabay /

SEPUTARLAMPUNG.COM - 23 Juni diperingati sebagai hari apa? Salah satunya ternyata diperingati sebagai Hari Janda Internasional. Simak di sini sejarah atau asal usul dan tujuan diperingatinya Hari Janda Internasional.

Setiap tanggal 23 Juni selalu diperingati sebagai Hari Janda Internasional atau International Widow's Day di seluruh dunia.

23 Juni dipilih berdasarkan tanggal Shrimati Pushpa Wati Loomba, ibu dari pendiri organisasi tersebut, Lord Loomba, menjadi janda pada 23 Juni 1954.

Baca Juga: Inilah 29 Link Mirror Berbagai Universitas untuk Pengumuman Peserta LOLOS SBMPTN 2022, Cek SEKARANG!

Hari Janda Internasional adalah hari aksi PBB yang menyoroti dan memerangi diskriminasi dan ketidakadilan yang dialami para janda di seluruh dunia, dan juga merupakan inisiatif dari Loomba Fundation yang diluncurkan pada 26 Mei 2005.

Penyelenggaraan hari janda ini diinisiasi oleh The Loomba Foundation, yang merupakan sebuah organisasi dari India bertujuan untuk meningkatkan keawasan tentang berbagai isu janda.

Perserikatan Bangsa-Bsngsa atau PBB meluncurkan Hari Janda pada tahun 2010 untuk meningkatkan kesadaran akan pelanggaran hak asasi manusia yang diderita para janda di banyak negara setelah kematian pasangan mereka.

Baca Juga: Loker Terbaru Juni 2022 di Perusahaan Anak BUMN Telkomsel, Pendaftaran Terakhir 24 Juni

Kehilangan pasangan untuk selamanya sudah sangat menghancurkan hati, namun wanita di seluruh dunia, khususnya di negara berkembang masih menghadapi masalah lain yaitu perjuangan jangka panjang untuk kebutuhan dasar mereka, hak asasi manusia, dan martabat.

Halaman:

Editor: Ririn Handayani

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

x