KTP Tak Terdaftar BSU Tahap 5, Tapi Pemilik Rekening BCA/Swasta Lolos BPJS? Lakukan Ini Agar BLT Kemnaker Cair

- 7 Oktober 2021, 07:55 WIB
Ilustrasi BSU/BLT Subsidi Upah
Ilustrasi BSU/BLT Subsidi Upah /Instagram/@kemnaker

SEPUTARLAMPUNG.COM - Cek kembali, BSU atau BLT Subsidi Gaji Tahap 5 di laman bsu.kemnaker.go.id, apakah NIK KTP Anda termasuk sebagai penerima bantuan Rp. 1 Juta, terutama pekerja pemilik rekening Bank Swasta atau Bank BCA?

Pekerja yang memenuhi kriteria berhak mendapatkan BSU atau BLT Subsidi Gaji sebesar Rp. 1 Juta yang pencairannya dilakukan secara bertahap ke masing-masing rekening Bank Himbara.

Bagi pekerja pemilik rekening BCA atau Bank Swasta, nantinya pihak Kemnaker akan membuatkan rekening kolektif (burekol) bagi pekerja penerima BSU, sehingga dana bantuan Rp. 1 Juta dipastikan diterima masing-masing pekerja yang sesuai dengan kriteria Permenaker No 16 tahun 2021.

Baca Juga: Maaf, Dana PIP Oktober 2021 Tidak akan Cair ke Siswa SD - SMA yang Lakukan 3 Hal Ini, Masih Ada Kuota 267 Ribu

Selain itu, pekerja yang aktif sebagai peserta program jaminan sosial ketenagakerjaan BPJS Ketenagakerjaan s/d Juni 2021 dan memiliki Gaji atau Upah paling banyak sebesar Rp 3,5 juta menjadi salah satu kriteria pekerja berhak menerima BSU atau BLT Subsidi Gaji tahap 5.

Kemnaker juga memberikan pengecualian bagi pekerja yang bekerja di wilayah dengan upah minimum provinsi atau kabupaten/kota lebih besar dari Rp 3.500.000, maka persyaratan Gaji/Upah tersebut menjadi paling banyak sebesar upah minimum kabupaten/kota dibulatkan ke atas hingga ratus ribuan penuh. Sebagai contoh: Upah minimum Kabupaten Karawang sebesar Rp 4.798.312 dibulatkan menjadi Rp 4.800.000.

Dilansir Seputarlampung,com dari kemnaker.go.id, Dirjen Pembinaan Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial (PHI dan Jamsos) Kemnaker, Indah Anggoro Putri menyampaikan bahwa hingga 28 September 2021, pihaknya telah menyalurkan BLT Subsidi Gaji Rp1 juta kepada 6,99 juta pekerja.

Sementara itu, masih ada sekitar 1,7 juta pekerja yang belum mendapatkan BSU Rp1 juta dan kini datanya masih dalam tahap verifikasi dan validasi di Kemnaker.

Baca Juga: JANGAN LEWATKAN! Klaim Item Gratis dari Redeem Code Game Genshin Impact (GI) Terbaru 7 Oktober 2021 Berikut

Penyaluran BSU Rp1 juta kepada 6,69 juta pekerja tersebut telah dicairkan pada pada tahap 1, 2, 3, 4 dan diberikan dalam 2 (dua) skema.

Halaman:

Editor: Ririn Handayani

Sumber: kemnaker.go.id


Tags

Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

x